Sunday, August 15, 2010

3 days in PUTAK, Bukit Rahmat

Finaly, im going home. But, mau sedikit share nih tentang pengalaman selama 3 hari di putak. Asli, berkesan banget. Dan ga bakal terlupakan. Haha
First, kita (angkatan kelas 2 yg beragama Kristen protestan) pada ngumpul di smansa buat berangkat bareng. Waktu itu aku belum sarapan dan makan siang. Berharap di gunung pasir ada warung makan yang buka. Aku ke pangsit smp12, eeeh tutup. Ke samping spansa, tutup juga. Terakhir aku nyoba ke kebab yang ada di samping ybbsu. Syukurlah, ternyata soto sahabatnya buka. Hehe

Berlanjut..
Kita semua udah pada ngumpul dan bis pun berangkat ke Putak, Tenggarong. Dan guess what, selama di perjalanan aku ga ada berenti doa haha. Why? Om nya mepet2 banget ngendarain bisnya. Takut kenapa-napa. Tapi aku kan punya Tuhan Yesus. Pasti Tuhan lindungi kok hehe
Oke. Dan tibalah kita di putak . tepatnya, dusun atau kampong yang ada di hilir putak. Sebenarnya, putak itu masih jauh banget.. naik tanjakan ke atas. Wiiiii miringnya nyampe 45 derajat booo. Eh faktademifakta, si om supir bilang kalo om nya ga berani ngendarain bisnya ke atas. Katanya bisnya bisa kebalik. Fufu, akhirnya kita pada mendaki gunung dan tidak melewati lembah tentunya haha -..- asli aku pengin terbang rasanya (kalo bisa). Kakiku udah lemes banget. Barang2ku ‘cukup’ berat lagi. Dan ini adalah hal paling cacat yang terjadi :
Irene kecapean. Aku ngebawa tasnya Irene. Irene ngebawa tasku. Trus dia liat marcel lewat sambil giring2 koper. Dia minta tukeran bawaan. Toeng, jadilah yang namanya rantai ransel (?)
Tas iren di aku, tasku di marcel, dan tas marcel di iren. Ajaib-
Oke, lupakan. Lanjut aja. Setelah tiba di setengah puncak dari putak, aku terduduk sambil menjulurkan kaki. Then I saw someone.. apes! Itu dia. He was looking at me. Agrh aku lagi gembel banget , keringatan, bauk, trus diliatin kaya gitu lagi.. jadi minder sama dia yang terlihat keren dan macho pada saat itu -,,-
Dan berlanjut ke sesi acara yang berikutnya. Makan malam.. trus ada ibadah . dan tahukah kalian? Ibadah ini bner2 ngetuk pintu hatiku buat sadar. Ibaratnya kaya gini, ‘woy, ria! Bangun lo. Dosa lo banyak, nyadar ga sih? Tobat napa? Masalah lo juga segudang kan? Lo kudu minta ampun ke Tuhan then Doa buat semua masalah Lo!’
Waktu sesi lilin2 (tandanya kita siap buat nerima Tuhan dalam hidup kita), aku nangissssssss! Argh aku ga bisa nahan. Apalagi waktu aku keinget sama masalah ku yang tentang ‘orang-orang terdekat dan pernah dekat’
Air mata ku ngucur. Ingusku netes. Sihal, aku lupa bawa tissue. Bu syane mimpin doa dan pujian2. Akhirnya aku bisa brenti nangis. Air mataku mulai kering. Trus aku ngerenung sejenak.. ‘ya Tuhan, dosaku banyak banget, apalagi masalahku’
Rasanya saat itu juga aku pengin teriak kalo aku pengin masalah ku yang paling rumit ini lepas dan keadaan jadi membaik lagi -,,-
Tapi aku percaya, Tuhan tahu segalaNya, Tuhan sayang aku, dan Tuhan punya maksud dan rencana yang Indah di balik gudang masalahku ini..
Dan waktu itu udah saatnya kami balik ke kamar dan tidur. Kemudian, inilah hal yang bikin nyesek hati. TEMPAT TIDURKU SEMUTAN! Huaaa asli aku kipuh deh langsung. Balik seprei, ngolesin dinding pake kemoceng , sampe nyemprot dinding dan semut pake baygon. Krik krik. Untung aja setelah sejam, para semut2 ganjen sudah ga ada lagi.
Saatnya tidur. Tapi farida, Irene, dan Gloria masih sibuk bercerita tentang korea dan aku ga ngerti apa2 jadi aku diem aja. Lalu, cepe datang dan memperingatkan kami supaya ga berisik. Oke. Lalu mereka bertiga kembali ke tempat tidur masing-masing dan keadaan pun hening. Haaa haaa haaa *ketawa horror*

Besok paginya aku bangun. Dan untungnya aku ga ngiler. *ups
Persiapan demi persiapan, kemudian masuk pada acara outbond. Sihal, team ku kena hukuman -,- krik krik malu banget pas maju ke depan gara2 di hukum .
Oh iya, ada sesi buat sharing disitu. Pas sharing, aku sekelompok sama theo, peggy, ricky, dan charloz. Diawali dengan berdoa, kemudian charloz mulai bercerita tentang pengalamannya sambil share. Habis itu, giliran theo, tapi theo ga cerita, jadi sesi berikutnya dilempar ke aku. Kyaaaaa bingung mau share tentang apa. Yaudah akhirnya aku teingat something yang bikin aku nangis tadi malam. Aku pun share tentang ‘orang’ yang sudah lama sekali bersamaku *sejak smp* dan waktu sMa kelas 1 akhir, dia ninggalin aku, dan suatu hari aku berusaha untuk memperbaiki keadaan dengan mengasihi dia dan memberikan yang terbaik ke dia, namun aku semakin di campakkan. ----- oke lupakan.
Setelah aku selesai cerita, ada tanggapan.. Dia bilang dia pernah ngalamin juga apa yang pernah ku alamin itu. Waktu dia bilang kalo ‘kasih itu seperti orang berak’ *ups, aku langsung gimana gitu. Kayanya aku banget. Jadi maksud dari perumpamaannya itu adalah, ketika kita ‘BAB’ kita akan mengeluarkan kotoran itu toh? Nah ibaratkan itu sebagai kasih yang kita berikan kepada orang lain. Jadi ketika ia sudah keluar dari tubuh kita, ya gitu, keluar gitu aja tanpa kembali masuk ke dalam lagi. Kan ga mungkin toh dia masuk ke dalam lagi? Lewat mana coba! Hahahaha. Jadi pada intinya kasih itu rela dan ikhlas serta tidak ada yang namanya imbalan.  I feel much better after this sharing-
Dan hari berlanjut ke malam hari. Saat itu waktunya buat acara puncak, yaitu refleksi dan api unggun. Yihaaaa-
Satu persatu ngelewatin jalan salib. Dan waktu itu adalah giliran buatku. Aku jalan sendirian. Dan rasanya angin2 itu berlawanan arah sama aku. Fufu-
Waktu tiba di tempat refleksi , aku masuk ke chapter pertama, aku doa. Disampingku ada teman sharingku yang tadi. Aku doa, dan aku kok ga nangis ya? *pikirku* soalnya teman2 yang disampingku pada nangis. Oke mungkin karna aku ngerasa lega gara2 yang tadi kali ya. Then begitu ke chapter kedua, dan itu sesi buat nyusun puzzle. Aaaaaaaaaaah tau ga puzzle ku itu cacat banget. Ga sempurna. Hiks. Sama kaya diriku sendiri  yang ga sempurna. Tapi waktu itu aku berdoa, supaya pembentukan Tuhan dalam diriku bisa berjalan seturut dengan kehendakNya sehingga menjadi sempurna dan Tuhan akan selalu mengasihi aku yang tidak sempurna ini. Aku nangis. Sampe ke chapter8 *yang terakhir* aku juga nangis.. semua chapter udah selesai, akhirnya aku bersama kedua orang temanku yang ada di samping kiri dan kanan ku tadi pergi menuju tempat dimana api unggun berada.
Setibanya di tempat api unggun, aku duduk disekitar orang yang ku kenal tapi ga akrab. Agak canggung memang. Akhirnya temanku pada datangan. Dan saatnya sesi untuk bakar2 kertas dan batu yang ada tadi. Setelah itu kita bakar jagung. Ada mentega. Seember jagung. Saus sambel, saus tomat, dan kecap manis yang semua merk nya ABC. Eh tomatnya ga ada deh. Trus ada mentega juga. Asli deh buka menteganya itu setengah mati susah bangeeeeet. -,-
Temanku yang panitia nyariin pisau gunting dan benda tajam lainnya ke bawah. Tapi nda nemu juga. Pasrah. Dan akhirnya nemu pecahan keramik di dekat tempat duduk. Malam itu semuanya have fun dan penuh kasih di dalam Tuhan. Setelah acara bakar2, sebenarnya ada suatu hal yang terjadi sama aku, tapi aku lupa itu apa. Aku sengaja buat lupa. Karna itu hal goblok yang pernah ada. Hahaha lupakan.
Besoknya, ibadah terakhir dan pulang ke Balikpapan. Seperti waktu berangkat, kita dapet supir dan bis yang sama. Jadi selama di dalem bis aku doa dan doaaaa  dan aku tau Tuhan Sayang aku hehe kami pun tiba di rumah bu syane *samping grand senyiur* dengan selamat dan tentunya aku kelaparan hahaha. Untung langsung ada makanan yang Puji Tuhan enak banget. Hihi
Akhirnya abangku jemput, dan aku sampe di kamarku dengan keadaan yang tepar dan penuh frustasi karna masa berlaku kuota modem ku sudah habis. Jadi aku tidur aja. Hahahhha

Wokeeeeh itulah tadi cerita selama aku di putak. Sebenarnya , ada sih foto2nya. Banyak lagi sama video2 gitu. Tapi belum ku minta sama ivan, soalnya belum di edit katanya hehehehe. Nanti kalo aku udah dapet pasti aku share di gubuk cantik ku yang ini 
Oh yaaaaaa. Tentang orang yang ku suka selama berada di putak. Hmmmmmm. Dia keren lhoooo , bukan Cuma fisik tapi internnya juga heehehe
Nanti aku sharenya lewat cerpen aja yaaaa. Aku malu kalo ketauan hahahaha. Soalnya aku kaya judul chapter 1 nya raditya dika di buku MMJ. Yaituuu--- jatuh cinta diam-diam

No comments:

Post a Comment